5 Langkah Kepemimpinan Yang Baik.

Memimpin orang lain membawa tuntutan baru terhadap individu dan mengharuskan mereka memiliki atau mengembangkan kompetensi dan atribut baru. Biasanya orang dipromosikan di sebuah pos dimana mereka harus memimpin yang lain karena mereka memiliki kinerja yang tinggi dalam hal melakukan tugas yang berorientasi pada pekerjaan. Namun memimpin orang lain memerlukan ketrampilan lain dibandingkan melakukan sesuatu untuk diri Anda.
Jadi apa saja 5 atribut penting untuk memimpin orang lain ?

1. Memberikan Feedback
Atribut pertama adalah belajar bagaimana memberikan feedback. Orang didalam organisasi mencari feedback, dipuji dan dihargai atas apa yang sudah mereka lakukan untuk Anda agar mendapatkan hasil. Proporsi besar dalam kehidupan kita dihabiskan di tempat kerja dan kita ingin merasa dihargai. Jika Anda harus menilai diri Anda sendiri pada skala 1-10 dalam hal memberikan feedback (10 yang paling baik ) berapa skor yang akan Anda berikan untuk diri sendiri ? Memberikan feedback memerlukan sedikit waktu atau tidak sama sekali, tidak ada beban apapun dan merupakan kontribusi terbesar bagi karyawan dan staf untuk merasa senang .

2. Mendengarkan dan Terlibat
Gaya otokrat dimana orang diperintah untuk melakukan sesuatu tidak bisa diterapkan dalam dunia bisnis modern. Orang ingin terlibat memberikan kontribusinya untuk keputusan penting dan merasa pandangan mereka didengarkan. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mengambil keputusan akhir dengan jelas. Kesempatan adalah tidak semua orang setuju dengan keputusan tapi jika Anda meluangkan waktu untuk mendengar dan terlibat dengan yang lain dalam proses keputusan, mereka ada dibelakang keputusan yang Anda ambil .

3. Menjaga Keseimbangan Dengan Baik
Salah satu tantangan dalam memimpin orang lain adalah keseimbangan antara mendelegasikan ke orang lain dan memantau kemajuan. Terlalu banyak campur tangan akan mengakibatkan orang lain atau tim berpikir Anda tidak mempercayai mereka. Keterlibatan yang terlalu sedikit bisa berarti Anda terlambat menemukan hal-hal diluar jalur dan kehilangan tenggat waktu. Meluangkan waktu untuk briefing, memastikan pemahaman mereka dan meninjau beberapa poin adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mendapatkan keseimbangan.

4. Menetapkan Tujuan
Dalam memimpin, sangat penting untuk menentukan tujuan yang jelas. Terkadang pemimpin terjebak dalam keyakinan bahwa pekerjaan yang panjang adalah dengan banyak detil apa yang harus dikerjakan karyawan merupakan tujuan. Sebagai tambahan, buatlah sekitar 6 tujuan penting bagi masing-masing orang. Tujuan ini harus spesifik, terukur, bisa dicapai, dan berorientasi pada hasil dan dibatasi waktu.

5. Pelatihan dan Pengembangan
Saat memimpin orang lain Anda harus membuat jadwal dan memberikan komitmen untuk melatih orang lain. Seringkali pengusaha berupaya keras untuk merekrut orang tapi tidak ada investasi waktu dan /atau uang untuk melatih dan mengembangkan sumber daya manusia. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus meluangkan waktu untuk membantu orang supaya bisa tumbuh dan melakukan apa yang mereka kerjakan dengan lebih baik.

Kesuksesan memimpin orang lain penting bagi kesuksesan organisasi. Mungkin Anda telah menunjukkan performa yang menonjol dalam hal ini. Jika tantangan Anda adalah level performa yang tinggi. Jika Anda masih mengembangkan diri sebagai seorang pemimpin, dimana Anda harus fokus untuk maju menghadapi performa yang menonjol ?

Oleh Kartino semoga memberi manfaat.

Sumber : pengusahamuslim.com

19 Comments »

  1. venty Said,

    March 1, 2010@ 5:55 pm      

    artikel kepemimpinan yang menarik kawand…
    ditunggu tulisan kepemimpinan lainnya…

  2. nieza Said,

    March 31, 2010@ 12:38 pm      

    mmmm…boleh juga ni


RSS feed for comments on this post

Leave a Comment